-->

Pengertian Linux Dan Sejarah Berdirinya

Pengertian Linux Dan Sejarah Berdirinya
Mengenal Linux OS
            Sallam Sobat BT......
           Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian atau penjelasan tentang apa itu Linux dan tak luput juga dari sejarah perkembanganya.Linux.....mungkin beberapa dari sobat sudah tidak asing lagi mendengar kata ini.Apakah sobat langsung berpikir kearah Sistem Operasi ?

          Yups.....benar Linux merupakan salah satu Sistem Operasi yang cukup populer selain Windows.Mungkin beberapa dari sobat juga menggunakan Sistem Operasi ini, kerena OS ini memang memiliki beberapa kelebihan yang cukup menarik.Misalnya Linux ini bersifat Open Source, jadi sobat bisa memodifikasi dan mengembangkanya.

         Selain itu Linux juga bisa sobat dapatkan secara gratis tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu, tidak seperti Sistem Operasi Windows yang berbayar (Walaupun ada beberapa seri dari Linux yang berbayar).Lebih hebatnya lagi Sistem Operasi ini kebal terhadap serangan Malware atau Virus.Hebat bukan ?
Oke....dari pada kelamaan mending langsung saja keintinya, berikut pengertian dan sejarah perkembangan Linux.....

1.Pengertian Linux

Pengertian Linux Dan Sejarah Berdirinya
Distro Linux
          Linux adalah Sistem Operasi turunan dari UNIX yang berbasis Open Source yang disebarluaskan secara gratis dibawah lisensi GNU.Sistem Operasi Linux dapat bekerja pada berbagai macam perangkat Komputer.Dengan adanya lisensi GNU (Gnu Not Unix) sobat dapat memperoleh Program lengkap dengan Source Kodenya.

     Maka dari itu sobat dapat hak untuk mengubah dan mengembangkan Source Code tersebut.Meskipun gratis,lisensi GNU memeprbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman Program.Sistem Operasi Linux memiliki dua tampilan interface, yakni CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphical User Interface).

        Kalau saran saya silahkan sobat pilih yang GUI agar nantinya sobat mudah untuk mengoperasikanya, karena tampilanya sudah menggunakan menu-menu jadi tinggal Klak Klik saja.Linux memiliki banyak variant yang biasa disebut Distro Linux, variant tersebut misalnya Debian, Suse,Fedora, Gentoo, Mandriva, Red Hat,Turbo Linux, Ubuntu, Lycoris, Xandros, Linare , Lindows , Slackware , Knoppix , dan lain-lain.

2.Sejarah Linux

            Berawal dari tahun 1969, dua Programer sekaligus pencipta Bahasa C yakni KenThompson dan Dennis Ritchie membuat System Operasi UNIX yang menjadi cikal bakal dari Linux di Bell Laboratorium Amerika.Proyek ini mendapat perhatian besar karena Sistem Operasi ini merupakan pertama kalinya yang dibuat bukan dari Hardware Maker.Selain itu juga keseluruhan Source Codenya dibuat dengan Bahasa C, sehingga mempermudah pemindahan keberbagai Paltform.Mengingat pada saat itu Bahasa C merupakan yang paling populer dan digemari banyak Programer.

          Dalam waktu yang singkat, UNIX berkembang menjadi dua jalur.Jalur pertama dikembangkan oleh Universitas Berkeley dan jalur kedua yang dikembangkan oleh AT&T.Baru setelah itu mulai banyak perusahaan yang melibatkan diri untuk memegang kontrol dalam bidang Sistem Operasi.Oleh karena persaingan yang cukup ketat, maka diperlukanlah badan Standarisasi.Dari sinilah lahirnya proyek POSIX yang dimotori oleh IEEE yang bertujuan untuk menetapkan spesifikasi standard dari UNIX.

UNIX merupakan cikal bakal Linux
UNIX
           Sejak saat itulah muncul berbagai jenis UNIX, salah stu diantaranya adalah MINIX yang dibuat oleh A.S Tanenbaum.Source Code MINIX inilah yang akhirnya dijadikan Linus Torvalds (Seorang Mahasiswa di Universitas Helsinki) sebagai referensi untuk menciptakan Sistem Operasi baru yang gratis dan berbasis Open Source yang akhirnya diberi nama Linux.Jadi yang peratama kali menemukan Linux adalah seorang Mahasiswa Finlandia diUniversitas Helsinki yang bernama Linus Torvalds.

        Dalam pembangunan Linux, Linus menggunakan Tool-Tool dari Free Foundation Software yang berlisensi GNU.Kemudian menjadikan Linux sebuah Sistem Operasi utuh.Dengan faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan,disalin,dan dimodifikasi secara luas oleh Institusi-institusi akademis dan para pembisnis.


Pengertian Linux Dan Sejarah Berdirinya
Linus Torvalds
          Secara tehknis dapat dikatakan jika Linux merupakan System Operasi yang bersifat Multitasking atau Multiuser, karena dapat berjalan diberbagai Paltform , termasuk Intel 386.System Operasi ini mengimplementasikan standard POSIX dan dapat berInteroperasi secara baik dengan System Operasi yang lain.

          Sekarang ini Linux merupakan System UNIX yang bisa dibilang lengkap, karena bisa digunakan untuk pengembangan Software,digunakan untuk Jaringan, dan untuk kegiatan sehari-hari.Linux juga merupakan pilihan cerdas untuk alternatif System Operasi yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan System Operasi komersial.

TUX, Logo Pinguin Linux

LOgo dari OS Linux
Pinguin TUX 
           Nah....seperti yang sobat ketahui jika Linux ini memiliki Logo Pinguin yang terlihat duduk dengan santai.Memang bila diperhatikan, Linux tidak seperti produk lain yang memiliki Logo yang terlihat hebat dan keren.Hanyalah seekor burung Pinguin yang sedang terlihat duduk santai,Eiiiisssst.....ternyata Logo Pinguin ini memiliki asal usul mula yang unik.Saat Linus Torvalds berlibur ke selatan tepatnya ditaman Perth bersama dengan Adrew Tridgell saat mereka jalan-jalan.

           Setelah itu Linuspun bertemu dengan seekor Pinguin yang akhirnya Pinguin tersebut mematok Linus yang mengakibatkan dirinya demam berhari-hari.Hal inilah yang menginspirasi dirinya untuk memakin hewan Pinguin sebagai Logo Linux yang berharap siuser akan menjadi demam menggunakan System Operasi yang telah diciptakanya ini.

           Setelah dipertimbangkan beberapa waktu, akhirnya telah diputuskan gambar Pinguin yang dibuat oleh Larry Ewing yang menggambarkan Pinguin berbadan gemuk,agak tersenyum dan sedang beristirahat.Hal ini sesuai denagn keinginan Linus Torvalds.Nama Pinguin untuk Logo itu adalah TUX, yang berasal dari kata “Torvalds + UniX” hal ini diusulkan oleh James Hughes.

       Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Linux Dan Sejarah Berdirinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel