-->

Pengertian Kata Program, Pemrograman, Programming , dan Programer

Pengertian Kata Program, Pemrograman, Programming , dan Programer
APA ITU ?
                Sallam Sobat BT.......
       Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dari kata progam,pemrograman,programming,dan programer.Mungkin beberapa dari sobat menganggap hal ini adalah hal yang sepele, namun kenyataanya banyak orang yang masih belum mengerti atau kebingungang untuk menjelaskan kata-kata tersebut.Bahkan juga tidak sedikit anak IT yang masih agak bingung dengan hal ini.

     Nah.....maka dari itu, saya sengajakan untuk membuat artikel ini dengan tujuan agar nantinya bagi sobat yang belum paham dapat mengerti setelah membaca artikel ini.Selain itu artikel ini juga berguna untuk pengetahuan dasar mengenai materi Pemrograman yang nantinya akan saya bahas lebih lanjut lagi.Seperti pembahasan Bahasa C/C++, PhP,Java, JavaScript, Visual Basic dan lainya.

      Jadi setidaknya sobat sudah terbekali pengetahuan dasar mengenai Pemrograman.Oke....bagi sobat yang menggeluti profesi dibidang IT mungkin sudah sangat paham mengenai hal ini, bagi yang belum paham silahkan pahami dan baca artikel ini sampai bawah....

1.Pengertian Program

Pengertian Kata Program, Pemrograman, Programming , dan Programer
Program
Program merupakan sekumpulan intruksi yang digunakan untuk memanajemen Komputer agar dapat melakukan suatu tindakan tertentu.Selain itu Program juga bisa didefenisikan suatu hasil yang bisa berupa produk,software,aplikasi,atau game yang dibuat dengan menuliskan kode-kode perintah yang didalamnya terdapat intruksi-intruksi dari Bahasa Pemrograman.Bagaimana apakah sobat sudah paham ? kalau belum coba baca pengertian dan definisi Program menurut para ahli dibawah ini.

1.Sunarto, S.KOM

Program merupakan sekumpulan intruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa,skema,ataupun bentuk lain yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan Komputer akan membuat Komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi kusus,termasuk persiapan dalam merancang intruksi-intruksi tersebut.

2.Janner Simarta 

Program merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemrograman tertentu dan telah ter’install didalam Komputer.

3.Sukrisno 

Program merupakan kata,ekspresi,atau pernyataan yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur, yang berupa urutan langkah  untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan Bahasa Pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh Komputer.

4.Sindhunata 

Program merupakan sekelompok pernyataan yang persis dan berurutan yang gunanya adalah untuk memberi tahu Komputer bagaimana melaksanakan sesuatu pekerjaan.

Bagaimana apakah sobat sudah paham dengan penjelasan dari para ahli diatas ?

2.Pengertian Pemrograman

Pemrograman merupakan istilah yang merujuk pada proses menulis,menguji,memperbaiki dan memelihara kode yang membangun sebuah Program.Kode dalam program tersebut biasanya ditulis dalam berbagai Bahasa Pemrograman .Tujuanya sendiri untuk memuat suatu Program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan si “Programer”.Nah.....lantas apakah Programer itu ? Seharusnya dengan membaca dan memahami kalimat diatas sobat dapat simpulkan apa itu Programer.

3.Programming

Programming merupakan suatu bentuk dari kegiatan atau bisa disebut aktivitas seorang Programer yang sedang melakukan dan membuat sebuah Program dari Bahasa Pemrograman.Secara singkatnya Programming adalah suatu bentuk kegiatan atau aktivitas membuat suatu Program.

4.Programer

Pengertian Kata Program, Pemrograman, Programming , dan Programer
Programer
Programer merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam membuat serta menyempurnakan suatu Program.Sebenarnya ada istilah lain selain Programer, yakni Pemrogram.

        Kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, jadi jangan sampai keliru.Seorang Programer bertugas untuk menulis dan merancang Program dengan menggunakan berbagai Bahasa Pemrograman.Pekerjaan seorang Programer ini juga tidak bisa dibilang enteng, karena dibutuhkan ekstra kesabaran dan ketelitian dalam bekerja.Jika tidak , bisa kacau semuanya.

Saya ambil contoh pengalaman saya sendiri, (Ingat, Saya belum bisa dibilang Programer, karena pengetahuan yang saya miliki sangat sedikit dan belum bisa dibilang Master dan saat ini baru belajar) dalam penulisan Program diperlukan pengetahuan penulisan syntax dari setiap Bahasa Pemrograman yang digunakan.Jika dalam penulisanya salah sedikit saja, maka bisa mempengaruhi hasil akhir programnya.Misalnya saja kesalahan dengan pemberian titik koma atau jika kurang koma saja, maka Programpun akan tidak berjalan.Selain itu jika penuluisan variable juga harus diperhatikan.

Karena dulu saya pernah sewaktu belajar membuat Program pilihan dengan Bahasa C++,saya salah menuliskan tanda  sama dengan,diaman saya menuliskan tanda : bukanya tanda =.Alhasil Programpun tidak berjalan dengan lancar atau sesuai keinginan.Seorang Programer membuat Program dengan menggunakan Bahasa Pemrograman yang sudah ada banyak macamnya, misal Bahasa Pemrograman Java ,PhP , C++, C#, ASP , JavaScript , Visual Basic, Fortran, Cobol,Perl,Phyton,Ruby,Delphi, dan lain sebagianya.
Didunia ini sangatlah banyak orang yang berprofesi sebagai Programer, beberapa dari merekapun juga berjasa dalam perkembangan teknologi saat ini.Misalnya perkembangan Internet yang tak luput pula dengan campur tangan Programer.Berikut para Programer terkenal didunia yang perlu sobat tahu.....

1.Dennis Ritchie

Dennis Richeie adalah seorang Programer dari Amerika yang berhasil menciptakan sekaligus mengembangkan Bahasa C dan beliau juga salah satu dari pendiri System Operasi UNIX.Saya rasa pasti sobat mengenal dengan Programer ini.

2.Linus Tovalds

Nah.....siapa disini pengguna OS Linux, pasti sobat sidah tahu dengan Programer yang satu ini.Linus Tovalds berhasil menciptakan dan mengeluarkan Linux versi 0.11 pada tahun 1991 dengan Bahasa Pemrograman C.

3.Bill Gates

Oke.....siapa yang tak kenal dengan Programer yang satu ini, bisa dibilang ia merupakan salah satu orang terkaya didunia.Dirinya merupakan seorang pembisnis, investor, dan Programer.Bill Gates merupakan orang yang menciptakan perusahaan Microsoft dan telah menciptakan serta mengembangkan System Operasi Windows.

4.Dennis Ritchie

Nah.....kalau yang satu ini merupakan Programer yang tak kalah hebat juga, karena ia dan temanya yang bernama Ken Thompson berhasil membuat Bahasa Pemrogramana C yang sobat kenal sampai sekarang ini.Karena Bahasa C merupakan induk dari segala Bahasa Pemrograman lainya.

5.Bjarne Stroustrup

Untuk yang satu ini merupakan seorang ilmuan asal Denmark yang berhasil mengembangkan Bahasa Pemrograman C yang dibuat oleh Dennis Ritchie, hingga akhirnya ia namai karyanya ini menjadi C++.Ternyata Bjarne Stroustrup ini mengembangkan Bahasa C menjadi C++ itu usahanya sendiri tanpa bantuan orang lain.Hebat bukan ?
Nah.......Bagaimana apakah sobat sudah paham ? Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Kata Program, Pemrograman, Programming , dan Programer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel