-->

Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Lengkap Dengan Tutorial Installasi

Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
Persiapan Belajar PHP
                Sallam Sobat BT.......
          Pada kesempatan kali ini saya akan memebahas mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum mempelajari Bahasa Pemrograman PHP.Nah....bagi sobat yang telah membaca artikel saya mengenai pengertian dan sejerah PHP sebelumnya pasti sudah agak paham mengenai PHP ini, bagi yang belum sobat bisa lihat artikelnya ditautan dibawah ini......
Baca Artikel : Pengertian PHP Dan Sejarah Perkembanganya
            Oke....ternyata persiapan untuk belajar PHP ini bisa dikatan tidak sama dengan persiapan untuk belajar HTML atau CSS.Mengapa ? Nah....jika sobat memahami betul-betul mengenai cara kerja PHP pada artikel sebelumnya pasti tahu alasanya kenapa.Ya, karena Bahasa PHP ini bersifat atau termasuk Server-Side Programming.Apa artinya ? jadi file PHP ini hanya akan jalan pada Komputer Server, berbeda dengan HTML,JavaScript dan CSS yang bisa berjalan pada sisi Komputer Client.

             Jadi nantinya akan diperlukan Tool-Tool tambahan untuk belajar PHP agar bisa dijalankan pada sisi Client.Untuk itu sobat tidak perlu menjalankan file PHP diServer khusus yang spesifikasinya besar atau diServer Hosting, cukup di Komputer sobat sendiri saja.Bagaimana,apakah sobat semakin berniat untuk belajar PHP ?
Tool Apa Saja Yang Digunakan Untuk Belajar PHP ?

1.Software Web Server 
2.Software Database
3.Software Web Browser
4.Software Text Editor

         Wah.....bila dilihat-lihat memang banyak ya yang harus dipersiapkan untuk belajar PHP.Tenang saja saya akan memandu sobat untuk mempersiapkan Tool-Tool tersebut.Langsung saja sobat baca satu-persatu penjelasan tiap Tool tersebut.....

1.Software Web Server

      Oke.....agar file atau script PHP dapat berjalan, maka dibutuhkanlah Software Web Server ini.Terdapat banyak sekali Software Web Server, misalnya saja Apache,IIS, dan Personal Web Server.Kebetulan untuk mempelajari PHP ini saya menggunakan Software Apache.Kenapa ? Ya karena hampir semua Server Hosting telah mendukung Software ini.

       Selain itu juga Software Apache ini bisa sobat dapatkan secara gratis 100% tanpa membayar lisensinya dan juga Apache ini umum digunakan banyak orang.Sehingga saya sarankan sobat untuk menggunakan Software Apache ini juga.Untuk pemasanganya akan saya bahas belakangan.....

2.Software Database
        Sebelum lanjut, apakah sobat sudah paham mengenai Database ? Nah....pasti sobat berfikir begini, “belajar PHP aja belum apa-apa, lalu kenapa tiba-tiba muncul istilah Database ?” Nah.....sebenarnya sobat tidak perlu dulu menganjak ke Database ini.Nanti saya juga menyajikan pembelajaran mengenai Database secara terpisah.

        Apa itu Database ? Menurut Wikipedia ,Database adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam Komputer secara sistematik sehingga dapat diperikasa menggunakan suatu program Komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.Singkatnya Database adalah suatu tempat untuk menyimpan data-data atau informasi yang terintegrasi didalam Komputer.

         Nah....pada saat saya menyebut Database ini mungkin beberapa dari sobat akan berfikir ke istilah “MySQL”.Yah....jika ada dari sobat yang berfikir seperti itu,artinya sobat sudah tahu menganai Database ini.Namun......asal sobat tahu MySQL bukanlah sebuah Database,melainkan hanyalah DBMS (Database Management System) yaitu sebuah software yang digunakan untuk mengakses dan mengolah Database.

        Hal inilah yang sering menjadi salah kaprah, mungkin beberapa sobat juga akan berfikir jika MySQL merupakan sebuah Database.Padahal MySQL sendiri merupakan DBMS yang banyak digunakan dan paling populer didunia.MySQL menggunakan perintah-perintah SQL (Structured Query Language) ,Nah.....SQL merupakan Bahasa standar yang digunakan untuk mengakses Database.

       Oke.....untuk pengenalan Database sendiri cukup sampai disitu saja, untuk lebihnya akan saya bahas sendiri dimateri yang berbeda.Nah.....untuk tutorial PHP ini, saya akan menggunakan MySQL untuk mengelola Databasenya dan nantinya akan dihubungkan dengan script PHP.Jadi peran Database ini cukup penting, dalam menyimpan data pada Website yang sobat buat nantinya.

   Untuk menggunakan MySQL sendiri sobat bisa Download Source MySQLnya di www.mysql.com/downloads/ dan bisa langsung sobat install.Tetapi dari pada sobat menginstall Aphace dan MySQL sendiri, lebih baik sobat langsung downloadSoftware yang mempunyai fitur keduanya tersebut.Ada banyak sekali Softwarenya,namun saran saya sobat gunakan saja XAMPP.Mengapa ? karena selain gratis XAMPP ini juga mudah untuk digunakan.Silahkan download dulu XAMPPnya diWebsite resminya.....lalu silahkan ikuti langkah installasinya.....
1.Setelah Download selesai silahkan Klik kanan→Run as Administrator
2.Muncul tampilan seperti ini Next saja...
Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
3.Pilih fitur apa saja yang sobat inginkan,saran saya centang saja semua lalu Next...
Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
4.Pilih folder installasinya,atau biarkan Default saja lalu Next...
Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
5.Tekan Next,Next dan Next lagi sampai pada proses installasi....
Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
6.Tunggu saja, jika selesai bisa langsung Klik finish...
7.Kira-kira begini tampilan XAMPP nantinya....
Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
NB : Maaf kalo Watermarknya nama saya,karena itu Screenshoot saya dulu waktu buat Laporan dikelas X.


3.Web Browser

          Nah....pada tutorial PHP ini saya menggunakan Mozila Firefox,namun sobat bebas memilih Browser apa yang mau sobat gunakan.Bisa Google Chrome,Internet Explorer,Baidu Spark Browser,Opera Mini,Safari dan lain sebagainya.Saran saya, gunakan Web Browser versi terbaru,untuk berjaga-jaga saja.Intinya untuk Web Browser ini sobat bebas mau memilih yang apa,asalkan memiliki dukungan fitur yang lengkap dan enak untuk dijalankan.
Link Download :
Google Chrome (Download Disini !)
Mozila Firefox (Download Disini !)
Opera Mini (Download Disini !)

4.Text Editor

Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Programming Language
Text Editor
        Nah....untuk yang satu ini, saya sarankan sobat untuk menggunakan Text Editor yang mempermudah saat sobat ngoding nantinya.Kalau saya sendiri menggunakan Sublime Text 3 karena lebih mudah dan enak dipandang.Atau sobat bisa menggunakan Notepad++,untuk yang satu ini juga saya rekomendasikan.Karena selain gratis,Notepad++ ini juga memiliki beberapa fitur canggih yang dimiliki Text Editor berbayar.Atau sobat juga bisa menggunakan  Software lain, Atom misalnya.Sekali lagi pemilihan Text Editor saya serahkan pada selera sobat masing-masing....
Link Download :
Sublime Text (Download Disini !)
Atom Text (Downlaod Disini !)
Notepad ++ (Download Disini !)
Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Persiapan Sebelum Mempelajari PHP Lengkap Dengan Tutorial Installasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel