-->

Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah,Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
Jaringan Komputer
             Sallam Sobat BT......
        Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuatu yang berhubungan tentang Jarngan Komputer yakni mulai dari pengertian, sejarah berdirinya, manfaat, sampai jenis-jenis Jaringan Komputer menurut klasifikasinya.Oke.....sebelumnya pasti sobat sudah mengenal apa itu Komputer, diera teknologi yang modern ini tidak sedikit orang yang menggunakan Komputer untuk kegiatan sehari-harinya.

        Nah......jika sobat sudah tidak asing dengan Komputer, lalu apakah sobat juga mengerti mengenai Jaringan Komputer ?Mungkin jika sobat yang bergelut dibidang TKJ pasti sudah tahu mengenai hal ini.Karena disini sayapun juga seorang anak TKJ, jadi untuk itu saya akan membagikan pengetahuan mengenai Jaringan Komputer.Bagi sobat yang belum tahu atau masih bingung mengenai Jaringan Komputer, tidak usah berkecil hati.Mungkin postingan saya kali ini bisa membantu dan menambah pengetahuan sobat.Langsung saja sobat baca.....

A.Pengertian Jaringan Komputer

              Jaringan Komputer adalah hubungan antara satu atau lebih system komputer melalui media komunikasi yang berupa kable (Wire) atau tanpa kable (Wireless) sebagai perantara yang bertujuan untuk melakukan komunikasi dan saling berbagi sumber daya (Bisa berupa Software dan Hardware) satu dengan lainya.
Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

          Jadi dengan adanya Jaringan Komputer ini maka akan memungkinkan sobat untuk saling berkomunikasi satu sama lain dan saling berbagi data atau untuk mengintegrasi data antar komputer sehingga diperoleh data yang relevan.

            Jaringan Komputer sendiri terdiri dari nodes yang terhubung satu sama lain yang masing-masing nodes berfungsi sebagai Workstation dan salah satu nodes lainya sebagai Server.Untuk tujuan utama diciptakanya Jaringan Komputer adalah untuk bertukar data dan informasi 

B.Sejarah Didirikanya Jaringan Komputer

           Dimulai dari konsep Jaringan Komputer pada sebuah proyek pengembangan Komputer Model I di Laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin oleh H.Aiken di Amerika pada tahun 1940’an.Sebenarnya proyek ini awalnya hanya ingin memanfaatkan Hardware Komputer yang harus dipakai bersama, untuk mengerjakan berbagai proses tanpa memakan waktu banyak.Untuk itu dibuatlah Batch Processing sehingga berbagai progam dapat dikerjakan dalam sebuah Komputer dengan kaidah antrean.
Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
TSS Teknologi
           Pada tahun 1950’an ketika jenis Komputer mulai membesar, maka sebuah Komputer harus melayni beberapa terminal.Oleh karena itu diciptakanlah TSS (Time Sharing System) yakni sebuah konsep distribusi proses yang berdasarkan waktu.Untuk pertama kalinya terbentuk Jaringan Komputer yang diaplikasikan.Pada system TSS ini beberapa terminal terhubung secara seri ke Host Komputer.

Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
Distributed Processing
         Setelah itu, pada tahun 1970’an mulailah bertambah banyak beban pekerjaan dan harga Komputer besarpun mulai melunjak mahal.Maka dari itu digunakanlah konsep proses Distributed Processing, dimana dalamm proses ini beberapa Host Komputer mengerjakan sebuah pekerjaan secara pararel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap Host Komputer.

         Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan progam surat elektronik (Biasa sobat kenal dengan E-Mail) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET.Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” (Pada).

             Pada tahun 1973, Jaringan Komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas diluar daerah Amerika Serikat, misalnya saja Komputer University College di London merupakan Komputer pertama yang diluar Amerika yang menjadi anggota Jaringan ARPANET.Pada tahun yang sama yakni 1973, Vinton Cerf an Bob Kahn mempresentasikan sebuah ide atau gagasan yang menjadi cikal bakal pemikiran Internet (Interconnected Network) di Universitas Sussex.Setahun kemudian sudah lebih dari 100 Komputer yang tergabung dalam ARPANET.

          Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan sebuah Newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network).Berikutnya pada tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru yakni Telephone Televsi pertama , dimana orang dapa saling menelephone yang juga berhubungan dengan Vidio Link.Karena bertambahnya jumlah Komputer yang membentuk Jaringan, maka dibutuhkanlah sebuah Protokol resmi yang dapat diterima oleh semua Jaringan.Oleh karena itu pada tahun 1982 diciptakanlah sebuah TCP (Transmission Control Protocol) atau lebih akrabnya dengan sebutan IP (Internet Protocol).

         Untuk menyeragamkan alamat komputer yang ada maka diciptakanlah system penamaan domain yang kini sobat kenal dengan DNS.Komputer yang tersambung dalam sebuah Jaringanpun semakin banyak, melebihi 1000 Komputer.Bahkan pada tahun 1987 Komputer yang tersambung dalam Jaringan meningkat 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.

         Perkembangan Jaringan Komputerpun semakin pesat pada tahun 1988.Seorang berkebangsaan Finlandia, Jarkko Oikarinen menemukan IRC (Internet Relay Chat) yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna Komputer dapat ber’interaksi dengan pengiriman pesan (Chatting).

        Pada pertengahan tahun 1990, ketika Tim Berners Lee merancang suatu progam penyunting yang dapat menjelajahi Komputer satu dengan lainya dengan membentuk Jaringan.Progam inilih yang biasa sobat kenal dengan nama www (World Wide Web).Jaringan Komputerpun semakin pesat sampai melampaui sejuta Komputer pada tahun 1992, dan munculah istilah surfing pada tahun 1994.Situs-situs Internetpun juga telah berkembang menjadi 3000 alamat halaman dan akan terus berkembang sampai sekarang. 

C.Manfaat-Manfaat Jaringan Komputer

1.Dapat saling berbagi sumber daya peralatan secara bersama-sama seperti Harddisk , Printer, Modem dan lain sebagainya.
2.Dapat berbagi file yang ada pada Server atau pada masing-masing Workstation.
3.Dapat melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien
4.Memudahkan sobat dalam melakukan Backup data.
5.Tidak tergantung pada orang yang menyimpan data (Apabila orangnya tidak ada) kerena penyimpanan data tersentralisasi.
6.Data yang selalu ter’Update karena server selalu memutakhirkan data begitu ada Input (Data Entry) diterima.
7.Untuk memudahkan anggota untuk saling berkomunikasi satu sama lain, misal dengan text,gambar,Audio dan Vidio secara real time.

D.Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1.Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Jangkauanya

Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
LAN,MAN,dan WAN
A.PAN (Personal Area Network)
Yaitu Jaringan Komputer yang mencakup area yang sangat kecil.Biasanya Jaringan ini hanya berjarak 4-6 meter.Misalnya saja hubungan antara Komputer dengan Handphone atau perangakat digital lainya.

B.LAN (Local Area Network)
Yaitu Jaringan Komputer yang memiliki cangkupan area yang cukup sempit.Biasanya digunakan disekolah, kantor, dan bahkan perumahan.

C.MAN (Metropolitan Area Network)
Yaitu Jaringan Komputer yang memiliki cangkupan area yang cukup luas, yakni sekitar 50 Kilometer.Biasanya digunakan perusahaan atau sekolah antar kota.

D.WAN (Wide Area Network)
Yaitu Jaringan Komputer yang memiliki cangkupan area yang luas muali dari antar Provinsi bahkan bisa sampai antar Negara.

E.Internet (Interconnected Network)
Yaitu Jaringan Komputer dengan akses yang sangat luas tanpa batas diseluruh dunia.Bisa dibilang Internet merupakan gabungan dari LAN, MAN, dan WAN.

2.Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Transmitter

Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
Wired dan Wirelles Network
A.Jaringan Keble (Wire)
Yaitu Jaringan Komputer yang dibentuk dengan menggunakan koneksi kable antar Komputer.

B.Jaringan Tanpa Kable (Wirelles)
Yaitu Jaringan Komputer yan tidak dibentuk dengan menggunakan koneksi tanpa keble, dengan media perantara berupa gelombang Elektromagnetik yang dipancarkan.

3.Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data

Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
Terpusat dan Terdistribusi
A.Jaringan Terpusat
Yaitu Jaringan yang terdiri dari Komputer Client dan Komputer Server.Dalam Jaringan terpusat ini juga terdapat istilah Dumb Terminal (Terminal Bisu)

B.Jaringan Terdistribusi
Yaitu Jaringan yang terdiri dari beberapa Jaringan Terpusat, sehingga Komputer Client dan Komputer Server akan membentuk suatu Jaringan tersendiri dan dapat mengakses informasi lebih banyak

4. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peran Hubungan Antar Komputer

Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
Client Serve dan Peer To Peer
A.Jaringan Client-Server
Yaitu Jaringan Komputer yang terdiri dari satu Server dan beberapa Komputer Client, jadi Jaringan ini hampir sama dengan model Jaringan Terpusat

B.Jaringan Peer To Peer
Yaitu Jaringan Komputer dimana semua Komputer yang terhubung dalam satu Jaringan memiliki peran yang sama, jadi bisa menjadi Komputer Client ataupun Komputer Server.

     Nah.....itulah beberapa pembahasan mengenai pengertian, sejarah, manfaat dan jenisnya.Semoga dengan beberapa pembahasan singkat diatas dapat menambah wawasan sobat.

Nah.......Bagaimanaapakah sobat sudah paham ?Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer,Sejarah,Manfaat dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel