-->

Struktur Dasar Penulisan HTML Dengan Baik dan Benar

Struktur Dasar Penulisan HTML Dengan Baik dan Benar
Struktur Dasar HTML
Sallam sobat BT......

Pada ksempatan kali ini saya akan membahas tentang struktur dasar HTMLNah.....jika sebelumnya sobat sudah membaca pembelajaran HTML sebelumnya,maka sobat sudah paham tentang penggunaan tad HTML.Pada latihan sebelumnya sobat sudah belajar membuat web sederhana dengan HTML,tetapi penulisan pada latihan tersebut masih belum benar.Karena ada struktur HTML yang harus sobat cantumkan.

Struktur html ? Yup  suatu dokumen html juga mempunyai aturan tersendiri dalam penulisanya,jadi dalam penulisan HTML juga diperlukan beberapa tag yang harus dituliskan dan sudah menjadi ketentuanya.Pasti sobat akan menanyakan pertanyan seperti berikut ini.

Jadi apakah latihan pembuatan file html pada tutorial sebelumnya belum sepenuhnya benar ? Ya,karena pada dasarnya latihan html pada tutorial sebelumnya tidak diberi tag-tag yang sudah ditentukan dalam membuat file html.Lalu bagaimana penulisanya yang benar ? Ya, jika kita perbaiki latihan  pada tutorial sebelumnya menjadi dokumen html yang benar ,maka kodenya akan menjadi seperti berikut ini.

<!Doctype Html>
<html>
<head>
<title>Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
IniAdalah <b><i>Website</b></i>Pertamaku.
</body>
</html>

Nah.....seperti itulah penulisan dokumen html yang benar dan sesuai dengan ketentuanya.Bingung apa maksudnya ?Tenang saya akan menjelaskanya tiap baris/kodenya.

<!Doctype html>
<!Doctype html>adalah sebuah tag yang digunakan pada awal dari setiap dokumen html.Tag ini memiliki fungsi untuk menginformasikan kepada aplikasi browser bahwa dokumen yang sedang dibuka merupakan dokumen html.Sebenarnya dari nama tagnya sendiri sudah jelas apa fungsi dari tag itu sendiri.

<html>......</html>
<html>......</html> adalah tag yang berfungsi sebagai awalan dari isi dokumen html.jadi nantinya semua tag yang akan anda tulis/buat akan diletakkan di antara tag ini.

<head>.....</head>
<head>.....</head> adalah tag yang akan di gunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML.Jadi apa yang terdapat di dalam tag ini, tidak akan di tampilkan secara langsung pada web browser.Biasanya digunakan sebagai tempat pemanggilan CSS atau JavaScript

<title>.....</title>
<title>.....</title> adalah tag yang akan menampilkan teks pada judul browser atau pada tab browser.Tag title juga merupakan salah satu contoh informasi yang terdapat di dalam tag <head>......</head>

<body>......</body>
<body>......</body> adalah tag yang berfungsi sebagai isi dari dokumen HTML itu sendiri.Jadi apa yang ingin sobat tampilkan pada browser akan di tulis di tag ini.Tag body juga merupakan tag pembuka dari badan dokumen HTML
.
Jadi secara kesimpulan struktur HTML yang benar adalah....

<!Doctype Html>
<html>
<head>
<title> </title>
</head>
<body>
</body>
</html>
Oke.....bagaimana apakah sobat semua sudah paham ? Setelah pembelajaran kali ini, mungkin akan membahas tag-tag HTML yang lebih banyak lagi.Seperti menampilkan gambar,membuat link,membuat list,menampilkan vidio atau lagu,dan masih banyak lagi.

Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Dasar Penulisan HTML Dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel